Minggu, 13 November 2016

Inovasi Teknologi Masa Depan

Assalamualaikum wr.wb
Teknologi pada jaman sekarang sangat berkembang pesat. Banyak orang-orang yang sudah membuat ide atau inovasi untuk mengembangkan teknologi yang sudah ada sebelumnya atau  membuat teknologi yang baru yang tentunya sangat menarik dan membantu pekerjaan manusia. Nah pada kesempatan kali ini saya akan coba membahas inovasi sistem infromasi dan  teknologi informasi masa depan. Ada apa saja sih? Yuk kita bahas!

Car to Car Communication

Image result for car-to-car communication
Pernahkah Anda membayangkan ada sebuah mobil tanpa sopir dengan teknologi canggih? Saat ini, General Motors sedang bekerja sama dengan University of Michigan dan National Highway Traffic Safety Administration untuk mengembangkan perangkat lunak baru sebagai pengaman dalam berkendara bernama Car-to-car Communication.
Perangkat lunak Car-to-car Communication mampu mentransmisikan posisi, kecepatan, penggunaan rem, dan data-data lainnya kepada semua mobil yang ada di dekatnya. Perubahan algoritma akan dikumpulkan setiap detiknya dan diberitahukan kepada sopir jika terjadi ancaman atau bahaya dari kendaraan lain. Sistem ini sangat berpotensi untuk mereduksi tingkat kecelakaan saat berkendara sekaligus mempromosikan bagaimana cara menyetir mobil yang aman.

Project Loon

Image result for project loon
Tahun lalu, para jajaran Google berdiskusi tentang bagaimana caranya agar pengguna internet di seluruh dunia bisa menikmati jaringan wireless dengan mudah. Google pun berencana untuk membuat sebuah balon udara wireless berukuran raksasa yang akan terbang pada lapisan udara stratosphere. Balon udara wireless tersebut akan terbang mengelilingi dunia dan memberikan sinyal kepada masyarakat setempat.
Tujuan utama Google melalui project ini ialah untuk memberikan dampak positif dan manfaat jaringan internet yang cepat bagi pengguna internet di seluruh dunia. Meskipun sudah begitu banyak orang yang dapat memanfaatkan internet, Google memahami betul bahwa ada orang-orang yang kurang beruntung karena belum memiliki akses untuk berselancar di dunia maya dengan nyaman, terutama di bagian negara dunia ketiga. Google juga tengah mengembangkan sebuah teknologi agar balon raksasa tersebut bisa mengudara tanpa harus menggunakan bahan bakar.

Hoverboard


Kabar gembira buat para pecinta olahraga skate board! Hoverboard, dirancang oleh Lexus yang merupakan perusahaan otomotif asal Jepang, merupakan skate board tanpa roda. Lalu, gimana cara kerjanya? Dengan memanfaatkan udara yang dihempaskan dari dalam Hoverboard itu sendiri, Hoverboard akan melayang di atas tanah, atau bahkan di atas air! Kapan lagi bisa main skate di atas air?

Cicret Bracelet



Sebuah produk teknologi canggih dalam bentuk gelang. Gelang canggih yang diproduksi oleh sebuah perusahaan teknologi di prancis, Cicret. Meskipun bentuknya seperti gelang biasa, namun setelah dihidupkan dengan cara menggoyangkan tangan, gelang ini mampu menampilkan display smartphone atau komputer tablet pada kulit.
Cara kerja gelang super canggih ini adalah dengan menggunakan 8 buah sensor proximity dan sebuah mikro proyektor dengan nama pico proyektor. 8 buah sensor proximity berfungsi untuk mendeteksi dan memproses gerakan jari yang selanjutnya akan dikirimkan balik dan ditampilkan melalui mikro proyektor.
Saat ini Cicret Bracelet masih dalam tahap pengembangan. Bahkan banyak investor yang mengantri untuk membiayai proyek ini. Namun kabar terakhir yang  di dapatkan, prototype Gelang Canggih Cicret Bracelet ini akan dipamerkan pada akhir bulan desember.
Rencananya Cicret Bracelet memiliki 2 kapasitas, 16 GB dan 32 GB, tersedia dalam 10 pilihan warna, dan akan dibandrol dengan harga 400 USD atau sekitar 4.9 juta untuk setiap unitnya.

Self Driving Cars



Perusahaan otomotif asal Swedia, Volvo, merancang mobil yang mampu berkendara sendiri. Mobil yang dilengkapi sensor dan kamera di hampir semua bagiannya ini mampu berhenti secara otomatis apabila ada kendaraan lain didepannya. Hal ini tentu sangat memudahkan bagi mereka yang sangat sibuk bekerja sehingga tidak memiliki waktu untuk bermacet-macetan di jalan. Sangat membantu!

Nah itu dia contoh dari beberapa teknologi yang akan dikembangkan di masa depan. Tentunya sangat menarik bukan? Jika semua teknologi tersebut benar-benar ada di masa yang akan datang, sudah pasti sangat membantu pekerjaan manusia. Sekian penjelasan dari saya, mohon maaf bila ada kekurangan atau salah kata.
Wassalamualaikum wr.rb

Sumber :
http://www.gapteksolutions.com/gelang-canggih-cicret-bracelet-fitur-layar-sentuh-pada-pergelangan-tangan.html

Tidak ada komentar: