Selasa, 25 Oktober 2016

Inovasi Sistem Informasi dan Teknologi Informasi Masa Kini

Assalamualaikum wr.wb

Sistem informasi dan teknologi informasi sekarang telah merambah berbagai bidang dan aspek kehidupan. Mulai dari sistem komunikasi, transportasi, keamanan bahkan sampai sistem pertahanan suatu negara dan bidang kehidupan lainnya. Hal ini terjadi karena banyaknya inovasi penemuan terbaru yang memang belum ada sebelumnya. Pada kesempatan kali ini, saya akan coba membahas apa saja inovasi sistem informasi dan teknologi informasi yang sudah ada di masa kini. Tapi sebelum membahas apa saja inovasi nya, apa sih pengertian inovasi, sistem informasi dan teknologi informasi itu? Yuk kita bahas.

Pengertian Inovasi Sistem Informasi dan Teknologi Informasi Masa Kini

Inovasi : Pengertian Inovasi  menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)  adalah pemasukan atau pengenalan hal-hal baru, pembaharuan, penemuan baru yang berbeda dari yang sudah ada atau yang sudah dikenal sebelumnya. Dari pengertian inovasi tersebut dapat disimpulkan bahwa inovasi adalah proses kreatif dalam melakukan penemuan baru yang berbeda dari yang sudah ada.
Sistem informasi : Suatu sistem yang untuk mengumpulkan, menyimpan, memproses, menganalisa dan menyebarkan informasi menggunakan teknologi komputer.
Teknologi informasi : Suatu perancangan, implementasi, pengembangan manajemen sistem informasi berbasis komputer, seperti pada aplikasi perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak komputer (software).

Kesimpulannya, pengertian Inovasi Sistem Informasi dan Teknologi Informasi Masa Kini adalah sebuah gagasan atau penemuan baru dalam hal teknologi yang di dalamnya terdapat sumber-sumber informasi dan berhubungan dengan komputer atau sistemnya yang akan dipakai untuk masa sekarang atau masa depan dengan pengembangan yang lebih baru dan maju.

Contoh Inovasi Sistem Informasi dan Teknologi Informasi Masa Kini

Sosial Media


Sosial Media adalah sebuah media online yang setiap waktu selalu berkembang dan memiliki inovasi-inovasi baru yang para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi informasi dan berkomunikasi satu sama lain. Contoh sosial media adalah Blog, Facebook, Youtube, Twitter, Snapchat, Instagram, dan lain-lain.

Virtual Reality (VR)


Virtual Reality adalah teknologi yang memungkinkan seseorang melakukan simulasi terhadap suatu objek nyata dengan menggunakan komputer yang mampu membangkitkan suasana tiga dimensi (3D) sehingga membuat pemakai seolah-olah terlibat secara fisik.

Cloud Computing


Cloud Computing adalah sebuah teknologi yang menggabungkan virtualisasi dan grid computing. Jadi selain ada proses virtualisasi juga terdapat grid computing, dimana seluruh bebas proses komputasi yang akan didistribusikan ke berbagai server yang saling terhubung di dalam cloud, sehingga prosesnya akan jauh lebih ringan. Dengan Cloud Computing, seolah-olah anda memikiki infrastruktur super besar yang mampu melakukan proses komputasi dan penyimpanan data tanpa batas.

Teknologi Robot


Perkembangan robot saat ini melaju sangat pesat. Beberapa diantara robot digunakan untuk membantu perusahaan membuat mobil. Bahkan ada robot yang dibuat serupa dengan manusia yang disebut Humanoid dan ada juga alat seperti tangan buatan yang terbuat seperti tangan robot yang dapat digunakan untuk orang-orang yang tidak memiliki tangan atau kekurangan pada fisik. Teknologi robot akan menjadi sangat berguna untuk kehidupan manusia sekarang dan di masa yang akan datang.

Drone


Drone adalah pesawat tanpa awak yang dikendalikan dari jarak jauh. Dahulu mungkin orang mengenal drone atau pesawat tanpa awak digunakan oleh militer untuk memata-matai musuh di daerah konflik. Namun saat ini drone banyak digunakan sebagai alat untuk mengambil visual baik gambar maupun video dari ketinggian. Selain dapat dikendalikan, drone juga dapat disetting untuk dapat terbang secara otomatis. Kita bisa melihat pemandangan alam yang sangat indah dan menyeluruh yang direkam oleh drone dari udara. Karena dapat dikendalikan dari jarak jauh layaknya remote control, drone sangat berguna bagi perkembangan multimedia di dunia saat ini.

Smartphone


Smartphone merupakan PC mini yang memiliki banyak kemampuan dari sebuah PC biasa, tetapi juga berfungsi sebagai ponsel. Smartphone hadir dengan beberapa fitur menarik seperti kemampuan konektivitas jaringan nirkabel, email, browser, kalender, dan daftar kontak yang sebagian besarnya bisa ditampung di memori telepon.

Smartwatch


Smartwatch adalah sebuah jam tangan yang dapat terhubung ke internet dan juga perangkat elektronik lainnya (smartphone atau tablet) untuk mendapatkan informasi yang akurat dari perangkat tersebut dan dapat menjalankan fungsi dasar layaknya smartphone. Perusahaan smartphone terbesar, seperti Samsung dan Apple telah meluncurkan beberapa versi mereka sendiri bagaimana smartwatch dapat dipakai, terlihat dan berfungsi.

Printer 3D


Teknologi printer tiga dimensi (3D) saat ini terus dikembangkan untuk membuat berbagai macam benda dengan cara yang instan, lebih mudah, dan lebih cepat. Peneliti memperkirakan, teknologi printer 3D ini sedikit banyak bakal mengubah kehidupan manusia di masa datang. Seperti yang sudah dihasilkan oleh printer teknologi terkini beberapa waktu belakangan, apa saja yang dapat dibuat dengan berbahan dasar material yang beragam. Mulai dari perkakas kecil, suku cadang kendaraan, senjata api, mobil, bahkan hingga implan organ tubuh manusia. Ke depannya, peneliti memprediksi printer 3D bisa digunakan untuk membuat makanan dan kegiatan medis untuk penyembuhan.

Nah cukup banyak kan Inovasi Sistem Informasi dan Teknologi Informasi yang sudah ada pada masa kini? Teknologi-teknologi tersebut pasti akan memberikan manfaat bagi semua orang dan masih akan dikembangkan lagi proses inovasinya untuk masa depan. Sekian penjelasan dari saya, mohon maaf bila ada kekurangan atau salah kata.

Wassalamualaikum wr.wb

Sumber :




Tidak ada komentar: