Jumat, 15 Januari 2016

Cara Alami untuk Menurunkan Kolesterol

Jika anda berkeinginan untuk menjaga kadar kolesterol anda, berarti anda sudah memilih cara yang tepat untuk sehat. Kolesterol telah dikatakan sebagai penyebab  banyak penyakit, terutama yang terkait dengan kesehatan pembuluh darah, seperti jantung koroner, darah tinggi, stroke, ginjal, dsb. Bagaimana jika kadar kolesterol dalam darah anda diketahui tinggi?. Ya tentu saja harus ada upaya untuk membuatnya kembali normal dan menjaganya untuk tidak terus meningkat setiap waktu yaitu dengan cara menjaga makanan, obat-obatan medis, dan berolahraga. Nah, jika anda berfikir bahwa cara alami adalah yang terbaik, maka informasi berikut mungkin yang sedang anda cari!
1.      Oat
Mengubah sarapan adalah salah satu cara pertama yang baik untuk menurunkan kolesterol Anda. Sarapan dua porsi oat setiap pagi dapat menurunkan kolesterol LDL ( kolesterol buruk) sebesar 5,3% hanya dalam 6 minggu. Hal ini karena beta-glucan, zat dalam gandum bersifat menyerap LDL dalam darah Anda.
2.      Ikan Salmon dan ikan berlemak lainnya
Omega 3 adalah salah satu manfaat alami bagi kesehatan, dan telah terbukti menangkal penyakit jantung, demensia, dan masih banyak penyakit lainnya. Sekarang asam lemak ini juga diketahui memiliki manfaat kesehatan lain, yaitu menurunkan kadar kolesterol jahat. Menurut penelitian yang dilakukan di universitas Loma Linda, menggantikan asupan lemak jenuh dengan omega 3 (seperti yang ditemukan pada ikan salmon, sarden, dan herring) dapat meningkatkan kolesterol baik hingga 4%.
3.      Kacang-kacangan
Penelitian yang diterbitkan oleh American Journal of Clinical Nutrition, orang yang mengasup 1,5 ons kacang kenari  6 tiap hari dalam seminggu selama 1 bulan menurunkan total kolesterol mereka hingga 5,4% dan kolesterol LDL hingga 9,3%. kacang Almond dan kacang mete adalah pilihan kacang yang baik lainnya. Namun walaupun kacang sehat untuk jantung, tapi tinggi kalori – dengan demikian batasi porsinya hanya1,5 ons atau segelas setengah. Gunakan gelas ukur untuk melihatnya, sehingga Anda dapat melihat persis jumlahnya.
4.      Teh
Teh yang sangat dikenal akan zat antioksidan yang baik untuk melawan kanker ini ternyata juga dapat melindungi kita dari kolesterol LDL. Menurut penelitian yang dilakukan oleh USDA, teh hitam mengurangi lemak dalam darah hingga 10% hanya dalam jangka 3 minggu. Temuan ini disimpulkan dalam studi yang lebih besar tentang teh yang juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung koroner.
5.      Sayuran hijau
Bayam adalah jenis sayuran berdaun hijau tua yang populer, ditemukan mengandung banyak lutein. Lutein bermanfaat untuk menjaga kita dari degenerasi makula, penyebab utama kebutaan. Penelitian terbaru juga menunjukkan bahwa hanya setengah cangkir makanan yang kaya lutein setiap hari akan mencegah serangan jantung dengan cara membantu dinding arteri menyingkirkan kolesterol yang menyebabkan penyumbatan.
6.      Alpukat
Alpukat adalah sumber lemak tak jenuh tunggal yang bagus untuk jantung. Jenis asam lemak tak jenuh tunggal seperti dalam buah alpukat benar-benar membantu meningkatkan kolesterol HDL sekaligus menurunkan LDL. Kelebihan alpukat dari buah lainnya adalah mengandung beta-sitosterol, yaitu lemak nabati menguntungkan yang bersifat membatasi jumlah kolesterol yang diserap dari makanan. Karena alpukat agak tinggi kalori dan lemak, maka sebaiknya asupannya dimoderasi.

Tidak ada komentar: