Jumat, 15 Januari 2016

Manfaat Serat bagi Kesehatan Tubuh

Serat makanan sangatlah banyak memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Manfaat serat antara lain, menjaga kesehatan jantung, pencegahan kanker, menurunkan kolesterol, mencegah batu empedu dan batu ginjal, mempromosikan kulit yang sehat, mencegah stroke, membantu menjaga berat badan, kesehatan pencernaan usus, dan dapat mempengaruhi diabetes . Berikut manfaat penting serat bagi kesehatan tubuh kita :
1.      Kesehatan Jantung
Penelitian telah menunjukkan bahwa asupan serat tinggi, yaitu dari 5 porsi buah dan sayuran per hari dapat mencegah penyakit jantung.
2.      Pencegahan Kanker
Penelitian menemukan bahwa serat meningkatkan seberapa cepat makanan untuk melewati saluran pencernaan, dengan demikian akan mencegah resiko beberapa jenis kanker. beberapa kanker yang bisa dicegah kehadirannya oleh serat Yaitu, kanker usus besar, kanker payudara ,kanker ovarium dan kanker rahim.
3.      Menurunkan Kolesterol
Serat akan mengikat kolesterol selama proses pencernaan, serta mencegahya agar tidak diserap usus dan pada akhirnya dapat menyumbat arteri. Hal ini tentunya akan menurunkan kadar kolesterol jahat ( LDL ) dalam darah.
4.      Mencegah Batu Ginjal dan batu empedu
Serat diketahui mencegah sebagian besar insulin agar tidak memasuki aliran darah selama proses pencernaan. Hal ini supaya pada akhirnya tidak membentuk batu empedu dan batu ginjal.
5.      Membuat Kulit Sehat
Serat sangat penting untuk membantu membersihkan tubuh dari racun, yang secara langsung dapat mempengaruhi kesehatan kulit Anda. Dengan mengkonsumsi serat dari makanan seperti sayuran berdaun hijau dan buah, maka kolesterol akan diikat dan bahan beracun secepatnya akan dikeluarkan dari sistem pencernaan. Racun dari makanan ini dapat mempengaruhi seluruh tubuh kita, dan yang paling kelihatan adalah pada kulit. Kulit yang sehat adalah merupakan hasil dari aliran darah yang baik, yang akan terjadi ketika racun sudah dibersihkan dari sistem dalam tubuh.
6.      Mencegah Stroke
Studi telah menunjukkan bahwa, meningkatka asupanan serat dalam diet menurunkan risiko stroke. Menurut American Heart Association, sebanyak 25 gram serat harus dikonsumsi setiap hari. Serat dapat diperoleh dengan mudah dengan cara mengkonsumsi buah-buahan, sayuran dan biji-bijian.

Tidak ada komentar: